Reveal, Live, Become dalam Psiko Dinamika Warna (Colour PsychoDynamics)

Apakah Psiko Dinamika Warna (Colour PsychoDynamics) dan kenapa Ia penting untuk dipelajari?

Menurut Mark Wentworth, pencipta metodologi Psiko Dinamika Warna (Colour PsychoDynamics) ini adalah alat yang dapat membantu meningkatkan dan memperbaiki kualitas diri dari dalam. PsikoDinamika Warna mengajak kita untuk membiarkan cahaya alami diri bersinar dari dalam ke luar.

“Biarkan cahaya alami Anda bersinar dari dalam , keluar,” ujarnya.

Psiko Dinamika warna adalah ekstraksi dari pekerjaan professional  Mark sebagai seorang praktisi terapi. Ia kemudian meramu dan  mengitegrasikan  psiko dinamika warna yang diambil dari pengetahuan kuno dari Phytagoras, dunia arketip serta imajinasi aktif Carl Jung,  terapi warna, pengembangan psikodrama, sociometry, group psychotherapy, Deep Memory Process dari Roger Woolger PhD hingga Penyembuhan Tradisi Shamanic dari Foundation of Shamanic Studies (European Faculty).

Mark sendiri membagi struktur Psiko Dinamika warna menjadi tiga fase utama yakni reveal, become, dan live. Reveal sendiri adalah tahap seorang Certified Profiler Colour Psychodynamics membuka cerita kejaiban yang selama ini tersimpan dalam diri Anda.

Hal pertama yang perlu Anda ketahui pada tahap Reveal adalah Life Path Colours. Kita bisa menggali banyak hal hanya dengan mengetahui satu informasi saja melaui warna Life Path Colour (LPC) Anda. Warna ini akan  memberi tahu kekuatan Anda yang natural hingga area “pekerjaan rumah” pertama yang harus Anda selesaikan.

Setelah mengetahui LPC, Anda akan diajak untuk mengalami sendiri, di mana frekuensi warna Anda itu berada di dalam sebuah spektrum warna yang penuh. Banyak orang terkejut ketika mengetahui LPC-nya karena tidak menyangka. Sebagian punya harapan atas warna tertentu, terinspirasi dari warna yang mereka sering pakai dalam pakaian dan aksesoris.

Perlu digarisbawahi, LPC bukanlah warna fesyen. Tapi, ia adalah frekuensi utama yang sedang menjadi fokus jiwa anda di kehidupan saat ini. Pikiran Anda mungkin memiliki cita-cita yang terpengaruh oleh dunia luar, keluarga atau media sosial. Tapi jiwa Anda berbeda, ia tidak terpengaruh pada elemen eksternal. Pada saat yang tepat, ia akan mengetuk pintu Anda dan memberikan pesan pengingat atas misi kehadirannya.

Saat itu adalah sekarang.

Siapkah Anda menjawab?

Life Path Colour, kunci ke dalam jiwa Anda.

Salah satu rahasia besar yang terkuak dalam Psiko Dinamika Warna adalah fakta bahwa Anda tidak lahir percuma, tanpa rencana atau tujuan. Sebuah sistem orkstra energi yang berkolaborasi aktif memastikan Sang Jiwa mencapai tujuan kehadiran-Nya. Bagaimanapun cara  Anda hadir di dunia ini, hari Anda lahir bukanlah kebetulan.

Dalam Psiko Dinamika, sembilan warna utama yang digunakan untuk memahami hari kelahiran seseorang tidak mengenal hari yang baik atau hari yang buruk. Semua hari memiliki warnanya sendiri dan orang-orang yang lahir di hari tersebut cenderung memiliki dorongan natural yang mirip.

Setelah membuka tabir warna dan menjelaskan tentang perilaku natural,  klien memasuki fase berikutnya dengan bantuan seorang Certified Practitioner, untuk menuju fase Become.

Bagaimana rasanya menjadi warna mereka. Apa sensasi tubuh yang dirasakan? Bagaimana dinamika emosi Anda? Berbedakah ketika Anda harus menjadi orang lain dibandingkan dengan menjadi diri sendiri?

Saya hanya tahu hidup menjadi seseorang yang sesuai dengan harapan orang lain.

Bagaimana caranya menjadi diri sendiri?

Fase terakhir model PsikoDinamika Warna adalah Live atau Hidup. Segala sesuatu yang terjadi di masa lampau, telah membentuk segala bagian dari diri Anda, di masa sekarang.

Maukah Anda menjadi tawanan masa lalu Anda?

Jawabnya tentu saja tidak.

Bisakah Anda mengganti narasi kisah kehidupan anda?

Disinilah tugas Diri Sejati Anda dimulai.

Ada bagian dari diri Anda yang sedang menunggu, kapan Anda mengijinkan menjadi selaras denngannya. Setelah mengetahui perilaklu natural Anda, mengalami rasanya menjadi dia, sekarang saatnya hidup sebagai Diri Sejati.

Sebagian orang yang telah mengalami Psiko Dinamika Warna berkata bahwa mereka merasa diterima, merasa berada di rumah, merasa hadir. Apa yang terjadi setelah pengalaman-pengalaman ini?

Sebagian dari mereka “jatuh “ ke kebiasaan lama mereka.

Ketika menjadi diri sendiri adalah sebuah pengalaman baru, “making it stick” seringkali butuh usaha. Masa transisi menjadi sangat penting karena, berbeda dengan modalitas lainnya, Anda tidak mungkin berlaku surut.

Salah satu cara mudah untuk terus melaju di jalan baru ini adalah menggunakan afirmasi. Dala Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) afirmasi dijelaskan sebagai penetapan yang positif.

Afirmasi dapat disebut sebagai serangkaian kata serta kalimat yang kita gunakan untuk memberi penegasan kepada diri sendiri. Afirmasi bekerja di ranah pikiran dan jika digunakan secara sadar, ia adalah penegasan serta pengakuan positif atas diri kita.

LPC ibarat mercusuar yang menunjukan arah afirmasi kita menjadi lebih dari sekedar positif. Afirmasi yang sesuai dengan LPC membantu kata-kata tersebut segera diserap sebagai kebenaran.

Cara membuat afirmasi yang sesuai dengan sesuai LPC sangat mudah. Tuliskan di selembar kertas 3 kata yang menjadi kesan utama anda ketika pertama kali mengalami menjadi warna Anda dalam fase Becoming. Setelah itu, tambahkan Anda sendiri sebagai subjek serta predikat sebelum kata-kata tersebut.

Contohnya seorang yang memiliki LPC merah, merangkum pengalamannya dalam tiga kata : aktif, kreatif, serta berani. Maka afirmasi untuknya adalah:

Saya aktif.

Saya kreatif.

Saya berani.

Siap mencoba bersama Colour Profiler kami?